Translate

Rabu, 26 Juni 2013

EFISIENSI PRODUKSI PROSES PEMBENTUKAN NANOKRISTAL

25 Juni 2013

Mekanisme pembentukan nanokristal Serium dioksida, dalam berbagai bidang nanomaterial, telah membuka mata para saintis dari Helmholtz-Zentrum Dresden-Rossendorf (HZDR) dan Universitas New South Wales dai Sydney, Australia.

Hasil penelitian yang dipulikasikan dalam jurnal kimia- European Journal, Menemukan potensi mempermudah dan menyederhanakan proses sintesis nanokristalin CeO2

Partikel nanokristalin CeO2 sangat luas penggunaannya, sebagai contoh, dalam pengobatan gas berbahaya, dalam elektroda untuk sel bahan bakar oksida padat, dalam beberapa material kontak, dalam kosmetik sunkrim dan dalam aplikasi medis sebagai sintesis dismutase superoksida.  Sekarang ini industry sintesis nanokristal CeO2 berdasarkan pada proses sol-ge diikuti dengan tritmen termal dan/atau penambahan reagen pencepat.  Lebih jauh lagi strategi sintesis nanokristal CeO2 membutuhkan pemahaman mekanisme termasuk dalam pembentukannya pada skala atom.

Dr. Atsushi Iked-Ohno dari Universitas New South Wales, Australia, bersama dengan Dr. Christoph Henning dari HZDR memilih pendekatan multispektroskopi canggih   yang dikombinasikan pencahayaan dinamik yang menyebar dan sinkrotron berdasarkan teknik X-Ray. Dalam penelitian ini digunakan fasilitas Sinkrotron  European Syncrotron Radiation Facility (ESRF) dai Grenoble, Prancis dan Spring-8 di Hyogo, Jepang.


Ce(IV) dimers and trimers form in aqueous solution nanometer-sized cer dioxide crystals (CeO2). The size of the nanocrystals is in the order of two to three nanometers. (Credit: A. Ikeda-Ohno)
Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar