Translate

Jumat, 30 Agustus 2013

Kimia Organik


Senyawa organik adalah senawa yang mengandung atom karbon
Kita mempelajari kimia organik karena semua komponen penyusun kehidupan seperti protein, enzim, vitamin, lipid, karbohidrat dan asam nukleat mengandung karbon. sehingga reaksi kimia dalam sistem kehidupan termasuk dalam tubuh adalah reaksi organik. Kebanyakan senyawa organik ditemukan dia alam contohnya makanan, obat-obatan, pakaian dan energy (gas alam, petroleum).

senyawa organik yang tidak  ditemukan atau terbatas ditemukan di alam ternyata dapat disintesis oleh para kimiawan. senyawa organik yang tidak ditemukan di alam contohnya kain, plastik, sintesis karet, obat-obatan, film fotografi dan lem super. Sekarang ini, ada sekitar 16 juta senyawa organik yang telah diketahui dan kemungkinan masih akan bertambah lebih banyak lagi.

Apa yang membuat karbon special? Mengapa ada banyak senyawa mengandung karbon? jawabanya adalah karena posisi karbon dalam table periodik. Senyawa karbon terletak ditengah pada periode 2 dalam table periodik.

Li  Be  B  C  N  O  F

Karena karbon ditengah, ia tidak siap menerima dan memberi electron. tetapi, ia memakai bersama electron. Karbon dapat memakai bersama electron dengan beberapa atom lainnya dan juga dengan atom karbon lainnya. Oleh karena itu, karbon dapat digunakan untuk membentuk jutaan senyawa stabil dengan bermacam-macam sifat kimia hanya dengan pemakaian bersama electron.

Ketika kita belajar kimia organik, kita  belajar bagaimana senyawa organik bereaksi. Ketika senyawa organik bereaksi, ada ikatan terputus dan ada ikatan baru terbentuk. Ikatan terbentuk ketika dua atom saling berbagi electron, dan ikatan terputus ketika dua atom tidak saling berbagi electron. Seberapa siap ikatan terbentuk dan seberapa mudah ikatan terputus tergantung electron yang dipakai bersama, yang bisa dikatakan tergantung pada atom dimana electron terikat.

Jadi jika kita akan memulai belajar kimia organik, kita harus mulai mengerti struktur atom, berapa banyak electron pada atom tersebut dan lokasinya dalam table periodik dimana.


Diterjemahkan dari buku karangan Paula Yurkanis Bruice berjudul Organic Chemistry Edisi kelima 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar